Langsung ke konten utama

FUNDAMENTAL GERAKAN PRAMUKA


Kita mulai pertama dari pengenalan istilah :
1.    Gerakan Pramuka = organisasi yang menjalankan pendidikan (AD Pasal 1)
2.    Kepramukaan = segala sesua yang terkait dengan Pramuka
3.    Pendidikan Kepramukaan = proses pembentukan kepribadian,kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan (ART pasal 8)
4.    Pramuka = orangnya
Apa sebenarnya Tujuan GP ?
Membentuk generasi 3 K (AD pasal 3)
1.    Karakter
2.    Keterampilan
3.    Kebangsaan

Untuk mencapai tujuan GP maka dibuat Kurikulum pendidikan kepramukaan yaitu Syarat Kecakapan Umum (SKU), Syarat Kecakan Khusu (SKK) (art pasal 27) dan Syarat Pramuka Garuda (SPG) di dalam kurikulum Gerakan Pramuka terdapat 5 ranah yang dikembangkan  yaitu Spiritual. Emosional, sosial, intelaktula, fisik (SESOSIF)

Di dalam SKU, SKK dan SPG ada  konten/materi tentang keterampilan kepramukaan  (tali temali, morse, simaphore), dan untuk menyelesaikan kurikulum tersebut menggunakan Teknik kepramukaan (jambore, LT, latihan rutin, persami dll)

Dalam menerapkan kurikulum dilandasi Prinsip Dasar (AD pasal 5)
Prinsip Dasar Kepramukaan meliputi: (AD Pasal 8)
a. iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
b. peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya;
c. peduli terhadap diri pribadinya; dan
d. taat kepada Kode Kehormatan Pramuka

Cara/prosedur  untuk mengimplementasikan nilai dan Prinsip Dasar Kepramukaan menggunakan MK  (AD Pasal 9)
a. pengamalan Kode Kehormatan Pramuka;
b. belajar sambil melakukan;
c. kegiatan berkelompok, bekerjasama, dan berkompetisi;
d. kegiatan yang menarik dan menantang;
e. kegiatan di alam terbuka;
f. kehadiran orang dewasa yang memberikan bimbingan, dorongan, dan dukungan;
g. penghargaan berupa tanda kecakapan; dan
h. satuan terpisah antara putra dan putri;

Dalam menjalankan Metode Kepramukaan digunakan Sistem Among dan dikemas dalam bentuk Kiasan Dasar yang bersumber dari sejarah perjuangan dan budaya bangsa (AD pasal 11)

Dengan diselesaikannya kurikulum GP, harapannya tujuan GP dapat tercapai, adapun indikator ketercapain tujuan adalah
1.    Happy (bahagia)
2.    Heatlh ( sehat jamasni rohani)
3.    Helpfull (suka menolong)
4.    Handycraft ( ada karya)
(Pesan baden powell, ditemukan juga di pp polmekbin T/D)
Hingga akhirnya sampailah pada Tujuan akhir dari kepanduan yaitu Hidup bahagia, mati bahagia (pesan terakhir baden powell)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi SKU penggalang Ramu

PEMBAHASAN SKU PENGGALANG RAMU  Selalu taat   menjalankan ibadah agamanya secara pribadi ataupun berjamaah Buatlah daftar kegiatan ibadah yang dirumah yang ditanda tangani oleh orang tua kamu Pemimpin agama adalah orang-orang yang memimpin sekelompok umat beragama dalam menjalankan kegiatan beribadah atau kegiatan keagamaan yang lain. Karena di Indonesia terdapat enam agama yang diakui maka kali ini akan dibahas enam pemimpin umat beragama di Indonesia yang meliputi: Pemimpin agama Budha Pemimpin agama Hindu Pemimpin agama Islam Pemimpin agama Kong Hu Cu Pemimpin agama Kristen Katolik Pemimpin agama Kristen Protestan Bagi adik-adik calon  pramuka penggalang  ramu maupun bagi kakak-kakak pembina dan pembantu pembina penggalang, daftar sebutan nama pemimpin umat dari setiap golongan agama di Indonesia ini dapat menjadi pedoman dalam uji  Syarat Kecakapan Umum Penggalang Ramu. Jenis dan Nama Pemimpin Agama Daftar jenis dan nama (...

ESENSI MERDEKA BELAJAR, MERDEKA MENGAJAR

            Merdeka, kata yang banyak diperbincangkan khususnya di dunia pendidikan saat ini, apa sebenarnya merdeka belajar itu, dan apa itu merdeka mengajar itu ? ketika  kita coba tanyakan kepada praktisi pendidikan kita akan menemukan ragam jawaban yang berbeda-beda. Termasuk dalam tulisan artikel saya ini. Pembaca akan menemukan satu sudut pandang yang sedikit berbeda, tetapi akan saya coba kemas ringan agar mudah dicerna.   Sebelum membaca artikel ini, mari kita menyanyi dulu lagu anak TK   sambil menggerakkan jari. Satu jari kanan satu jari kiri ku gabung menjadi dua, menjadi jembatan Dua jari kanan dua jari kiri ku gabung menjadi empat, menjadi kamera Tiga jari kanan tiga jari kiri ku gabung menjadi enam, menjadi kelinci Empat jari kanan empa jari kiri ku gabung menjadi delapan, jadilah rumahku Lima jari kanan lima jari kiri ku gabung menjadi sepuluh ku buat  berdoa. Kenapa saya mengajak semuanya bernyanyi lagu a...